Sarang Semut Terbesar Di Indonesia Timur

Hasil gambar untuk Rumah semut Musamus

Sarang Semut Terbesar Di Indonesia Timur

Sarang Semut Terbesar Di Indonesia Timur – Sarang semut atau dikenal dengan MUSAMUS merupakan sarang semut terbesar yang terdapat di Kota Merauke. Mahakarya alam alami ini sebenarnya bukan dibuat oleh semut tetapi serangga sejenis rayap yang dalam nama latinnya Macrotermes sp.

Sarang semut atau MUSAMUS ini bukanlah sarang semut biasa. Sebab sarang ini memiliki ketinggian bisa mencapai 3 hingga 4 meter dari permukaan tanah. Serangga sejenis rayap ini bukanlah rayap seperti yang biasa kita lihat dan ketahui. Koloni dari serangga rayap ini bukanlah rayap perusak.

Musamus atau rumah semut ini terbuat dari tanah,rumput dan air liur yang digunakan sebagai perekat. Bentuk dari rumah semut atau musamus ini kerucut dengan memiliki permukaan myang berlekuk-lekukan dan sangat kuat untuk menahan benturan dan beban manusia.

Menurut penelitian, pembangunan istanah ini dilakukan pada malam hari dan memerlukan waktu sekitar satu hingga dua tahun untuk menyelesaikannya.

Dalam rumah semut ini terdapat banyak sekali lorong-lorong yang digunakan sebagai jalan rongga-rongga udara yang menjaga kestabilan udara didalamnya. Koloni rayap ini dikenal sebagai pekerja keras dan mandiri.

Keunikan dari rumah semut inilah yang menjadi ikon kota merauke selain rusa dan kangguru. Sebab rumah semut terbesar ini hanya terdapat di Merauke-Papua.

Baca Juga Informasi Menarik Lain nya Berikut Ini :

Mengingat pembangunan yang begitu lama maka baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Merauke mengeluarkan surat peringatan dan perlindungan untuk menjaga dan melestarikan istana semut atau Musamus ini.

Kini Musamus menjadi salah satu tempat wisata alam dikota merauke dengan nama wisata 1000 musamus. Lokasih rumah semut ini jauh dari pusat keramaian dan jauh dari pemukiman warga sehingga untuk mencapai taman rumah semut ini diperlukan 3 hingga 4 jam perjalanan darat.

Salor 2 adalah kampung dimana terdapat tempat wisata alam 1000 musamus. Selain Salor adapun daerah-daerah lain yang memiliki rumah semut yang sama banyaknya namun hanya ditempat inilah yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Apabila dilihat dari dekat maka anda akan terkagum-kagum oleh ciptaan Tuhan. Sebab serangga sekecil ini mampu bekerja sama dalam membangun kemegahan istanahnya. Semoga kedepannya pemerintah dan masyarakat sekitar dapat merawat dan melindungi Musamus.

Baca juga :Restoran Khas Ala Indonesia Di Jepang

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.